Giveaway Hop BBI 2017

Senin, 17 April 2017
Hai ..halo...

Ketemu lagi dengan blog lumutan ini #dikeplak

Lama banget euy gak apdet, padahal templatenya baru #uhuk

Langsung aja ya, gini..

Dalam rangka hari ulang tahun Blogger Buku Indonesia (BBI), para member BBI rame-rame mengadakan GA Hop.


Blog ini pun gak mau ketinggalan ya, buat ngramein ultah BBI. Di BBI ini, saya mendapatkan banyak sekali teman-teman baru yang baik dan seirama (halah-halah). Gak kesepian lagi kalau mau ngrumpiin buku dan tetek-bengeknya.

Nah, ini ketentuan dan syarat ikutan GA HOP di blog ini. :

1. Peserta tinggal di Indonesia atau memiliki alamat di Indonesia.
2. Follow akun twitter dan instagram di @bukusulistyawan atau facebook : Esti Sulistyawan (pilih salah satu juga tidak apa-apa)
3. Follow blog ini, bisa via follower atau email (di side bar) .
4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, domisili, akun instagram, akun twitter, dan link share


Pertanyaannya adalah
1. Jika kamu mengalami reading slump a.k.a wabah malas baca, apa yang biasa kamu lakukan untuk mengembalikan mood bacamu?
2. Rekomendasikan saya satu buku yang menurut kamu, buku bagus dan wajib baca!

Contoh jawaban :

Nama : Esti
Domisili : Semarang
Akun Twitter : @bukusulistyawan
Akun Instagram : @bukusulistyawan
Jawaban
1...
2...
Link share :...

5. Share info giveaway ini via facebook dan twitter, serta tag/mention akun saya (twitter: @bukusulistyawan, facebook : Esti Sulistyawan)

Giveaway  ini berlangsung 17 s/d 27 April 2017. Pemenang akan dipilih menggunakan random.org dan diumumkan tanggal 1 Mei 2017

Akan ada 2 pemenang yang mendapatkan masing-masing satu tas  dan gantungan kunci BBI ini





Mau kan? Mau dong.. Yuk cuss ikutan  

Saya tunggu partisipasinya ya ^_^

24 komentar on "Giveaway Hop BBI 2017"
  1. Halo, Kak Esti! Salam kenal :D Waaah. Aku mau tasnya. Hohoho.
    Nama : Puji P. Rahayu
    Domisili : Malang
    Akun Twitter : @Purahayu
    Akun Instagram : @pujiprahayu
    Jawaban
    1. Wah, reading slumps, ya? Biasanya sih, aku cari kerjaan lain untuk kemudian baca lagi. Standar sih sebenernya. Biasanya aku tinggal nonton film dulu, atau nggak pergi jalan-jalan ke luar. Yang lebih berfaedah *halah* ditinggal ngerjain tugas dulu. Biasanya sih lumayan ampuh buat ngatasin reading slumps. Lalu, kalau misalnya nggak ilang-ilang, cari bacaan lain yang lebih menantang untuk dibaca *selingkuh dulu aja. Hehehe.
    2. Aku bingung juga sih, Kak mau merekemondasikan apa. Tapi, mungkin The Lunar Chronicles bisa jadi pilihan. Soalnya retelling dongengnya nggak biasa. Atau mungkin serial #YaTuhan cocok buat kakak. Hehehe.
    Link share : https://twitter.com/Purahayu/status/853970791788158976

    BalasHapus
  2. Nama :Dini Auliana Putri
    Domisili :Trimurjo, Lampung Tengah
    Twitter :@Dini_Auliana28
    IG :@dini_ap28


    1. Kalau lagi malas baca, biasanya aku mandangin buku-buku koleksiku yg belum seberapa. Kan setelah itu aku jadi berpikir, "buat apa beliin buku, kalau malas baca?" Kalau bisa sambil putar lagu melow biar lebih mendramatisir.
    2. Beberapa waktu lalu aku baca e-book judulnya My Perfect Husband keluaran wattpad yang diterbitin oleh Penerbit Romancious. Walaupun keluaran wattpad tapi novel ini bagus lho! Entah kenapa buku ini sangat menguras emosi dan meninggalkan kesan mendalam setelahnya, namun seketika tersapu bersih dengan kesabaran tokoh utamanya yaitu Arsen yang berprofesi sebagai pilot. Banyak quotes yang menurut aku begitu realistis. Intinya, banyak sekali hal-hal yang aku pelajari setelah baca novel ini. Semoga berminat kak :)

    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/854002960409346048

    BalasHapus
  3. Nama : Cahya W.
    Twitter : @cahyawid
    IG : @cahya.wid
    Kota : Gresik

    1. Saya sering sekali tertular virus malas membaca ini. Terlebih jika tubuh ini terlalu lelah karena seharian mengais remukan berlian (halah).
    Biasanya sih untuk mengembalikan nafsu membaca, saya melipir ke minimarket terdekat yang tersedia bangku rest area. Saya selalu betah membaca disana. Selain bisa membaca dengan tenang sambil makan tictac dan minum susu ultra coklat, jika saya mulai lelah membaca lagi, saya bisa melihat-lihat lalu lintas dan memperhatikan orang-orang berlalu lalang barang sejenak. Bonus Ac alami lagi, apalagi kalau lagi beruntung bisa ditemani suara hujan.
    Mood membaca saya bisa berkobar seketika.
    2. Sudah baca Kamu: Cerita yang tidak perlu dipercaya-nya Sabda Armandio, kak?
    Kalau belum, sepertinya kaka harus dan wajib baca buku tersebut. Selain bukunya imut karena ukuranya lucu, buku tersebut menyimpan begitu banyak 'hiburan'. Saya bisa tertawa kencang ketika membaca, bahkan ketika saya tidak mengerti sebetulnya apa yang harus dan lagi saya tertawakan. Begitu pun sebaliknya.
    Buku yang hahahaha-able banget lah.
    Saya ngga mau ber-spoiler disini. Cukup itu saja yang bisa saya sampaikan.

    Terima kasih untuk GA-nya kak ~

    Link share : https://mobile.twitter.com/cahyawid/status/854054024915501056

    BalasHapus
  4. Nama : Bety Kusumawardhani
    Domisili : Surakarta
    Akun Twitter : @bety_19930114
    Jawaban
    1. Klo mengalami reading slumos biasanya aku memejamkan mata sejenak walopun terkadang justru ketiduran �� Aku juga akan membaca buku lain yg aku anggap lebih menarik dulu sebagai pemicu semangat baca. Aku akan membuka lagi catatan target reading challenge ku tahun ini agar niat baca ku pulih kembali.
    2. Aku rekomendasiin buku karya Akiyoshi Rikako dari penerbit haru (Girls in the dark, holy mother, the dead returns, yg akan rilis Scheduled Suicide Day) Novel bagus+best seller dan ending ceritanya unpredictable bgt deh..
    Link share : https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/854074382871805952?p=v

    BalasHapus
  5. Nama: Rinita
    Domisili: Jatim
    Ig: Rinvirgo_
    Twitter: @Rinitavyy
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/854071600446136322?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6871641620

    Jawaban:
    1. Aku termasuk orang yang jarang banget malas baca buku. Karena tiap kali lihat buku nganggur tanganku sudah gatal untuk segera membacanya sampai habis. Dan aku juga nggak pernah pemilih urusan baca buku ini atau yang itu. Karena genreku meluas. Meski aku jarang kena wabah malas baca, Ada kalanya aku enggak baca buku dikarenakan tugas kampus yang aku bawa pulang parahnya deadlinenya nggak sebentar, otomatis aku harus break sebentar. Mungkin, jika aku sewaktu-waktu malas membaca, yang bakal aku lakukan untuk menyembuhkannya adalah pergi ke perpustakaan atau toko buku. Lalu muas-muasin baca atau pinjam buku atau membelinya jika ada uang lebih. Itu saja cara yang buatku cukup ampuh menghadapi wabah malas baca.

    2. Aku bukan pengoleksi atau pecinta buku terjemahan, jadi aku bakal nuaranin kak Esti buku lokal. Contohnya; Cincin Separuh Hati karya Netty V. Atau Semua Ikan Di Langit karya Ziggy yang sedang booming-boomingnya memenangkan juara 1. Mungkin kedua itu saja yg ku rekomendasikan.

    BalasHapus
  6. Nama: Athaya
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @jeruknipisanget

    Jawaban:

    1. Jalan-jalan ke toko buku atau lapak buku bekas. Saat berada diantara buku-buku akan mensugesti pikiran kembali ke masa masa sering membaca. Kenangan kenangan itu akan mendorong kita untuk kembali membaca buku. Pilih buku yang genrenya betu-betul disukai.

    2. Wonder - J.R Palacio. Buku ini bagus, wajib baca!

    BalasHapus
  7. Nama: Ratih Dwi
    Domisili: Solo
    Twitter: @erdeaka

    Jawaban:
    1). Gimana cara ngembaliin mood baca? Aku biasanya kalo pengen ngembaliin mood baca tuh aku blogwalking, baca2 resensi temen2 sesama narablog buku, ato baca2 artikel sastra di internet, ato baca2 tentang penulis jadinya aku bakal penasaran pengen baca karya si penulis itu. :)))
    2). Dah pernah baca bukunya Pak Sapardi Djoko Damono, belum? Kalo belum, coba baca deh, aku rekomen novel Hujan Bulan Juni sama Trilogi Soekram. Keren banget menurutku. Kalo suka sastra terjemahan, bisa coba baca The House of the Spirits-nya Isabel Allende. Dahsyat, mantap jiwa lah itu bukunya :))).

    Link share: https://twitter.com/erdeaka/status/854148125933527041

    BalasHapus
  8. Nama: Alfath
    Domisili: Sidoarjo Jatim
    Akun twitter: @alfari_12
    Akun instagram: alfathfr

    Jawaban:
    Kalau reading slump melanda, maka saya akan membuka-buka beberapa buku yang belum terbaca (to be read). Memang terkesan 'aras-aras'en di awal, tapi ketika membuka dan mencoba membaca beberapa lembar buku tersebut, akan ada keinginan ingin lanjut atau berhenti. Bila merasa belum termotivasi membaca, maka beralih pada buku yang lain. Mengunjungi akun goodreads tentang rating dan review buku tertentu juga bisa menambah keyakinan untuk membaca suatu buku. Teman-teman saya menggunakan instagram untuk lihat-lihat foto cantik buku-buku dalam mengatasi reading slump, sayangnya tidak selalu buku yang saya baca bergenre sama dengan kebanyakan bookstagrammer. Pernah juga janjian baca bareng dan posting hasil selama 5 hari, kegiatan ini cukup membuat bersemangat mempercepat waktu baca. Jadi instagram juga saya gunakan untuk berbagi apa yang telah saya baca, barangkali ada orang yang tertarik. Oiya, saya juga tidak memaksakan diri untuk membaca bila saya lelah. Saya juga akan memilih tidur atau kegiatan lain bila merasa jenuh membaca, kecuali membaca Al-qur'an (min 1x sehari).

    2.Saya pembaca buku nonfiksi dan fiksi Indonesia. Kalau Mbak tidak berkeberatan membaca buku nonfiksi berbahasa Inggris, maka saya rekomendasikan buku 'Thanks for the feedback: The science and art of receiving feedback well'by Douglas Stone &Sheila Heen. Kalau fiksi Indonesia kumpulan cerpen diterbitkan Diva Press berjudul 'Sejumlah Alasan Mengapa Tiap Anak Sebaiknya Melahirkan Seorang Ibu' oleh Benny Arnas. Mudah-mudahan berkenan ya mbak...

    Link share:https://twitter.com/alfari_12/status/854251666412929024

    BalasHapus
  9. Nama : Eni Lestari
    Domisili : Malang
    Akun Twitter : @dust_pain
    Akun Instagram : @dust_pain

    Jawaban
    1. kalo lagi gak mood baca, biasanya aku cari rekomendasi buku yang kira2 bakal aku suka banget. karena aku suka genre fantasi dan romance, gak jauh2 dari situ lah bacaannya. kalo pas nemu buku yang istilahnya gue-banget, mendadak langsung jadi semangat baca lagi :D
    2. aku gak tau udah baca The Golem and The Jinni atau belum. tapi ini buku fav-ku banget dan wajib baca banget lah menurutku. reviewnya di sini ~> http://doitdoitbetter.blogspot.co.id/2015/11/the-golem-and-jinni.html

    Link share : https://twitter.com/dust_pain/status/854287294575984640

    BalasHapus
  10. Nama : Sapta Resita Putri
    Domisili : Denpasar, Bali
    Akun Twitter : @sapta_resita
    Akun Instagram : @saptaresita
    Jawaban
    1. kalo males baca lagi kumat, saya biasanya ngalihin perhatian buat nonton. kebanyakan nonton drama atau variety show korea, sih, hehe. intinya, biar saya jenuhnya bisa cepet pergi, walopun kadang malah keterusan nontonnya, hehe. tapi ini ampuh, sih kalo buat saya. nonton dulu, baru kalo moodnya udah balik, saya lanjut baca lagi.
    2. saya rekomendasiin Persona buat kakak. Saya baca novel ini karena waktu itu liat review di salah satu member BBI juga, tapi lupa siapa, hehe. Itu bagus banget kak. ceritanya bagus, kak! wajib baca banget deh.

    Link share : https://twitter.com/sapta_resita/status/854318999500345345

    Makasi :)

    BalasHapus
  11. Nama : Putri Munthe
    Domisili : Jakarta
    Akun twitter :@poetstories
    Instagram : @rinamu25
    Link share :https://twitter.com/PoetStories/status/854295881658634240
    Jawaban :
    Yang aku lakukan saat reading slump saya akan mencoba membaca buku yang sedang menjadi perbincangan hangat saat itu dan coba membacanya walaupun malas beberapa halaman perhari dgn harapan ada hal yg menarik yg dapat membuatku penasaran dan akhirnya bisa menyelesaikan buku itu.
    2. Entah sudag baca atau belum menurutku buku Neil Gaiman The Princess and The Spindle yang baru saja diterbitkan Gramedia adalah salah satu buku retelling yang wajib dibaca dan bisa mengobati reading slump karena bukunya tipis, ceritanya dan ilustrasinya sangat menarik.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : SeffiSoffi
    Domisili : Bandung
    Akun twitter : @seffiii
    Akun IG : seffisoffi

    1. Klo kena reading slump, biasa nya aku simpen dl buku itu. Ganti sama buku laen yang bisa ningkatin mood baca pluss cemilan dan minum pearl milk te nya chatime yang naikin mood booster. Aku cari buku yang roman manis, karena ini yang bisa bikin tertarik buat baca lagi.

    2. Megamendung kembar karya Retni SB, huahh buku nya mengajarkan sesuatu yang emang ngena banget. baper ~~
    Kita bakalan diajak mengenal batik.


    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/854560739960291328

    BalasHapus
  14. Nama: Hanny
    Domisili: Surabaya
    Akun twitter&IG: haniwul

    1. Jarang. Sekalinya kena larinya cuma ke nulis (whether itu aku post dan dibaca banyak orang lain maupun engga). Bosen nulis karena udah stuck sama pembendaharaan kata yang begitu-begitu aja alias mbuleti ya baca lagi, dapet inspirasi lagi. Gitu aja muter terus hahahahah

    2. Buku-bukunya Benzbara yang agak lama misalnya Surat Untuk Ruth (SUR), Milana sama Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri. Apa ya soalnya Bara produktif banget,bukunya banyak. Tapi makin kesini tulisannya makin menye, IMO sih. Jadi rekomen SUR sama Milana karena emang itu nyambung, semacam buku versi balasan dari buku sebelumnya hahaahh. Yg walaupun agak lebay tapi masih oke lah, seneng juga sama cara dia ngegambarin latar tempat di bukunya, kayak familiar banget walau mungkin belum pernah kesana.
    Sama buku-bukunya Khrisna Pabichara yang kebanyakan mengangkat unsur adat Bugis. Seru aja sih bacanya. Jadi secara langsung paham banyak tentang Bugis walau ga punya darah keturunan dari sana, ahahahah.

    Link share: https://twitter.com/haniwul/status/855262411464495104

    BalasHapus
  15. Nama : Khaerunnisa
    Domisili : Kolaka.
    Akun Twitter : @NhisaMinoz75
    Akun Instagram : @nisaa_minoz
    1. Kalau reading slump melanda, saya biasanya ngintip koleksi buku yang belum di baca terus kalau udah dapat yang judulnya menarik aku searching di goodreads terus baca reviewnya dulu pas nemu ceritanya yang cukup menarik baru mulai baca lagi *buku yang sebelumnya di simpan dulu*. Atau gak aku selalu ngebaca ulang buku favorit saya atau buku dari penulis favorit saya, ibarat ngecas Hp dengan membaca karya penulis favorit atau buku favorit sudah seperti mengisi energi saya untuk membaca kembali.
    2. Saya pengen Ngerekomendasikan ceritanya Kak Susan Arisanti yang berjudul "Rembulan di Pinggang Bukit" ceritanya menarik sekali, gak ngebosenin, lumayan banyak ngebahas tentang agama, konfliknya gak terlalu berat. Sebenarnya masih banyak lagi ceritanya mbak Susan Arisanti yang bertema Islami, waktu itu sempat baca di Wattpad tapi sekarang udah di Novelkan *Self publishing* tapi sayang saya belum punya versi novelnya. Tapi di jamin kak ceritanya bagus banget dan nyentuh banget, bnyak pembelajaran yang bisa di petik dari cerita-ceritanya. Berikut judul-judulnya Kak. Kali aja Kakak berminta baca :
    - Tsani & Athaya
    - Luka yang Kau Tinggal Senja Tadi
    - Loving Bee
    - Sedang Malaikat pun Cemburu
    - Yang Ternoda (penerbit diva press)
    link share : https://­mobile.twitter.com/­NhisaMinoz75/status/855487094696718338?p=v

    BalasHapus
  16. Nama : Fatiah
    Domisili : Bogor
    Akun Twitter : @fatiah_nm
    Akun Instagram : @fatiah_nm
    Jawaban
    1. Kalo kena reading slump, aku biasanya cari bacaan ringan kayak komik atau buku-buku yang tipis. Kadang juga baca ulang buku-buku favorit. Biasanya setelah itu reading slump-nya sembuh ;)
    2. Aku suka bingung kalau di suruh rekomendasiin buku XD, tapi menurutku, buku yang wajib semua orang baca itu Brave New World-nya Aldous Huxley
    Link share :
    https://twitter.com/Fatiah_NM/status/855633607490117633

    Makaaih GA nya mbak 😊

    BalasHapus
  17. Nama: esti
    Domisli: mojokerto
    Akun twitter: @estiyuliastri
    Jawaban:
    1. Biasanya aku alihkan dgn nonton film dulu. Biar fresh lagi. Atau jalan2 ke toko buku..haha biasanya mood baca tiba2 muncul kembali.
    2. Tentang Kamu-Tere Liye
    Link share: https://twitter.com/estiyuliastri/status/854358317690273792

    BalasHapus
  18. Nama: Ana Bahtera
    Domisili: Banda Aceh
    Twitter: @anabahtera
    IG: @anabahtera
    Jawaban:
    1. biasanya aku akan mencoba membaca buku favorite aku dan membaca bab yang aling aku sukai, atau bisa juga aku blogwalking ditwitter dan melihat semangat ara blogger dalam membaca dan meriviewnya sehingga memotivasi aku lagi untuk memulai membaca.
    2. Tentang Kamu, Tere Liye...ah kalo novel Tere Liye hamir semua aku rekom ya kak karena isinya mengandung nilai yang sangat bisa kita terakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/856164151957176321

    BalasHapus
  19. Nama: Rina Fitri
    Domisili: Aceh
    Akun Twitter: @Rinafiitri
    Akun Instagram: @fita_ririn
    Jawaban
    1. Aku jarang ngalamin reading slump sih. Soalnya aku baca buku emang pas lagi pengen atau pas lagi ada waktu. Kalo book bloger atau book reviewer kan terkadang wajib baca buku buat ngereview atau ngadain blogtour. Tapi kalo emang ngalamin reading slump, ya aku nggak bakalan maksain diri buat baca. Cari kegiatan lain dulu. Nanti kalo mood bacanya balik baru deh aku baca.
    2. Nona teh dan tuan kopi
    Ini adalah novel jebolan wattpad karya kak Saraswati. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Gimana sabarnya sang tokoh wanita menanti pasangan hidup yang tak kunjung datang. Sementara tokoh laki-lakinya punya masa lalu yang begitu kelam. Semesta berkonspirasi mempertemukan keduanya. Novel ini deep dan angsty.
    Link share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/856504489699880961

    BalasHapus
  20. Wardah
    Jogja
    @missfiore_
    @missfioree
    https://twitter.com/missfiore_/status/856716880177807360

    1. Kalo slump ya udah ga usah baca, jangan maksain baca karena biasanya efeknya ga menyenangkan dan malah makin males. Aku biasanya sih kalo slump ya nonton, makan, masak, denger lagu, ngerajut, atau ngelakuin hal yang membuat bahagia lainnya. Intinya jangan dipaksain sih. Nah biasanya lama-lama juga kangen baca, yaudah pas mulai kangen itu, ambillah buku yang sekiranya mau dibaca. Intinya sih nikmati aja waktu-waktu slump dengan melakukan hal lain XD

    2. Holy Mother karya Akiyoshi Rikako. Belum baca kan ya? Nah ini twist-nya luar biasa dan ceritanya sangat menjebak. Cocok banget kalo lagi pengin misteri.
    Atau Me, Earl, and The Dying Girl. Kalo yang ini cocok banget dibaca semisal butuh YA yang bagus, dalam, realistis, dan nggak berbumbu cinta. Novelnya bikin ngakak dan ceritanya diakhiri dengan begitu keren. Pokoknya wajib baca!

    BalasHapus
  21. Nama: Ochi
    Domisili: Bandung
    Akun twitter: @Arthms12
    Link share:https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/856724470647504896

    Pertanyaannya adalah
    1. Jika kamu mengalami reading slump a.k.a wabah malas baca, apa yang biasa kamu lakukan untuk mengembalikan mood bacamu?
    → Aku kalau udah kena reading slump biasanya harus nulis (berhubung aku seorang penulis juga meski amatiran😁) atau dengerin musik dan jalan2. Kalau nulis cerita udah mentok, pasti bakal pengin baca buku lagi biar idenya ngalir..

    2. Rekomendasikan saya satu buku yang menurut kamu, buku bagus dan wajib baca!
    → aku gak tau sih kk suka genre apa atau udah pernah baca belum, tapi karena aku penyuka fantasi, aku rekomendasiin semuaaaa karya Rick Riordan😀

    BalasHapus
  22. Nama : Mifta Rizky W
    Domisili : Gresik
    Akun Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/857107186492870656

    1. Reading slump a.k.a wabah malas baca biasanya aku berhenti dari baca membaca entah itu novel, komik, atau majalah, kadang aku lebih memilih jalan-jalan ke toko buku atau sekedar cuci mata lihat buku-buku terbitan terbaru sambil ngumpulin mood untuk baca lagi.

    2. Rekomendasi novel? Aku lagi suka banget novel Secangkir Kopi dan Pencakar Langit karya Aqessa Aninda , wajib banget dibaca, tahun ini dia juga mau nerbitin novel lagi wajib ditunggu karya dia selanjutnya. Rating di goodreads juga bangus2 komentarnya.

    BalasHapus
  23. Nama: Lynn Melody
    Domisili: Banjarmasin
    Akun twitter@justlynn23
    Link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/857612196888457216
    Jawaban:
    1. Ketika aku mengalami reading slump, aku biasanya mencari artikel yang menarik di internet. Atau aku baca sesuatu yang ringan-ringan. Nanti kalau sudah agak mendingan barulah aku mulai baca buku lagi, tapi buku yang ku baca itu harus buku yang benar-benar aku sukai. Karena kalau tidak, aku bisa mengalami malas baca lagi. Jadi aku akan cari buku yang tidak akan membuatku bad mood. Setidaknya ini dulu, jangan sampai baca buku yang bikin bad mood.

    2. Aku merekomendasikan buku Malam-Malam Terang karya Tasniem Fauziah Rais dan Ridho Rahmadi. Dan buku Finding You karya Yudith Fabiola. Serta Bintang Jatuh karya Silvarani.

    BalasHapus