#5BukuDalamHidupku Candy Candy

Kamis, 14 November 2013

Judul              : Candy Candy
Penulis           : Yumiko Igarashi
ISBN             : 9784061082229
Tahun Terbit   : 1975
Penerbit          : Elex Komputindo

Candy Candy adalah komik Jepang pertama yang saya baca. Waktu itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Dan masih berdomisili di Pontianak, Kalimantan Barat. Di sekolah, mayoritas teman-teman saya adalah anak-anak beretnis Cina. Secara perekonomian mereka jauh berada di atas kami. Saat itu saya tidak memiliki cukup uang untuk membeli komik. Saya bisa membaca komik Candy Candy ini dari seorang teman yang beretnis Cina tersebut. Kalau sekarang saya pikir-pikir lagi, anak itu baik banget mau meminjamkan buku berharga seperti itu kepada saya. Karena saking sukanya dengan komik ini, saya sampai bela-belain nabung supaya bisa membeli seri terakhir dari komik ini. Huaaa...waktu bisa membelinya berasa seneng banget.

-----000-----

Candy adalah nama seorang anak yatim piatu yang bertempat tinggaldi panti asuhan. Walau pun tidak memliki orang tua, Candy tumbuh besar dengan kepribadian yang ceria dan baik. Dia berusaha untuk bisa terus tinggal di rumah panti, sehingga setiap ada pasangan suami istri yang berkunjung untuk mengadopsi anak, Candy akan bertingkah nakal dengan harapan pasangan tersebut tidak akan mengadopsinya.

Hingga pada usia maksimal boleh tinggal di rumah panti, ada yang berkenan mengadopsinya. Ternyata dia tidak diadopsi sebagai anak, akan tetapi sebagai pembantu. Di rumah majikannya, Candy selalu diusili oleh 2 orang anak majikannya, Neil dan Elisa. Selalu ada hikmah dalam setiap kejadian, walau Candy tidak diangkat menjadi anak, justru karena dia masuk ke keluarga itu, Candy bisa bertemu Anthony, Archie, dan Stea. Karena mereka bertiga, hidup Candy kembali berwarna. Dia bisa merasakan kebahagiaan. Candy jatuh cinta pada Anthony yang menyukai mawar. Kemudian dia diangkat anak oleh keluarga Audrey yang kaya raya, sehingga andy bisa terus bersama tiga sahabatnya.

Kehidupan Candy bergulir dengan cepat, sedih dan senang saling bergantian. Kehilangan Anthony dan Stea adalah hal paling menyedihkan dalam komik ini. Cinta Candy terhadap Terry pun tidak bisa bersatu. Penolakan Anny, sahabat kecilnya ketika di panti, juga harus dihadapinya. Walau banyak kejadian yang menyedihkan dalam cerita ini, Candy juga bertemu dengan orang-orang yang menyayanginya.

-----000-----

Membaca komik Candy Candy membuat imajinasi kanak-kanak saya melambung tinggi. Gambar komik yang bagus, detil gambarnya itu beneran bagus lo. Bahkan ketika ada tugas membuat kalender, saya membuat kalender dengan gambar para tokoh Candy Candy sebagai gambarnya. Yang paling saya suka adalah taman mawar ANthony, sumpah, mupeng berat punyataman bunga penuh mawar. Selain itu, baju-baju yang dipakai para toko ceweknya bagus dan cantik. Duh, cewek banget ya yang dilihat  baju hehe.

Apalagi cerita Candy Candy ini kan Cinderella banget ya, anak panti asuhan yang kemudian diangkat anak oleh keluarga kaya, dicintai banyak orang. Memang tipe cerita yang paling disukai semua perempuan di muka bumi deh kayaknya.

Saya senang dengan karakter Candy yang ceria dan tomboy, dia selalu berusaha survive untk menghadapi semua cobaan hidup. Walau dia menangis, dia akan tampak tegar seteguh karang. Hmm...karena pengaruh komik ini saya jadi suka sekali dengan tokoh cewek yang tegar dan kuat. Karena itu saya gak suka nonton sinetron yang selalu saja tokoh ceweknya lebay *curcol.

Selain bisa tertawa setiap membaca komikini, Candy juga membuat saya menangis berlinang air mata ketika dia kehilangan Anthony dan Stea. Bahkan ketika dia jatuh cinta lagi pada Terry, cinta itu pun tidak dapat bersatu. Duh, sedih banget deh rasanya..hiks.

Ternyata tidak hanya saya saja yang suka dengan komik ini. Teman-teman cewek satu kelas juga pada suka. DI\i kelas saya biasa dipanggil Patty, teman Candy yang berkaca mata, ya karena saya juga berkacamata hehe. Aih, pokoknya teman-teman seumuran saya pasti tahu deh dengan si Candy Candy ini.

Candy Candy mengajarkan tentang keteguhan hati. Wanita itu tidak boleh cengeng dan bergantung terhadap orang lain. Wanita harus mandiri. Cinta yang pergi pun tidak perlu disesali, karena cinta yang baru dan lebih baik akan datang meghampiri.

Jumlah kata : 602
Diikutsertakan dalam #5BukuDalamHidupku



5 komentar on "#5BukuDalamHidupku Candy Candy"
  1. huaaaa ini komik favorit saya juga niiiii.... suka sama semuanya yang ada di komik ini, baik grafisnya, ceritanya, tempat2nya, semua deh suka. untungnya udah punya 1 set komik ini. dulu dapatnya murah meriah hihi. wihhh harganya mahal sekarang ni...1 set bisa ratusan ribu saya liat di toko2 buku online

    BalasHapus
  2. wuaaahh, serasa nostalgia.. baca komik ini juga nyolong2 kepunyaan tante kebetulan punya boxset yg waktu itu msi kuliah dan aq kls 4 SD.. soalnya malu klo ketauan nangis.. heheheee

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Haha...ini komik nostalgia sekali...
    Nuansanya jadul, padahal ceritanya juga klasik. Jaman komik belum banyak...

    BalasHapus
  5. Samaa bangett.. komik pertama yg dibaca.. ceritanya banyak bikin nangis terutama pas stea mati hehe.. komik dulu lebih tebel n lebih bagus ceritanya ga kaya komik jaman skrg,, isinya cinta2an yg g sehat huft

    BalasHapus