Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti

Jumat, 11 Oktober 2013

Judul              : Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti
Penulis           : Abdul Cholik
ISBN            : 978-602-225-596-3
Terbit            : Januari 2013
Tebal             : 326 halaman
Harga            : Rp 60.700,-

Buku Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti adalah buku perdana yang dihasilkan oleh Pakdhe Cholik. Pakdhe dikenal sebagai seorang blogger yang produktif sekali. Di blog utama beliau, Blogcamp, setiap hari akan tersaji postingan baru yang fresh from the oven. Dan buku ini pun diambil dari tulisan-tulisan Pakdhe yang berada di blog tersebut.

Walau pun saya merupakan pelanggan setia Blogcamp, karena tiap hari pasti main ke sana (walau kadang gak komen hehe) tapi ketika membaca buku ini saya bisa menikmatinya dengan baik. Beberapa tulisan sudah pernah saya baca di Blogcamp, etapi kok sensasinya beda ya kalau  dibaca bentuk buku.

Kelebihan dari buku ini adalah tulisan-tulisan yang disuguhkan berbentuk artikel pendek (sekitar 2-4 halaman), jadi jika kita gak selesai membaca dalam satu waktu, bisa dilanjut tanpa harus kehilangan sense-nya. Banyak dari kisah yang ditulis sering kita jumpai di keseharian, jadi membaca buku ini seperti membaca hal-hal yang kita temui. Bukan sesuatu yang bombastis atau hiperbola deh. Semua tulisan dihidangkan dengan gaya khas Pakdhe Cholik, ringan, penuh humor, dan setiap kisah ada moral of the story-nya. Karena itu buku ini masuk ke kategori buku Motivasi.

Salah satu kisah di dalam buku ini yang sangat melekat dalam benak saya adalah kisah tentang seorang suami yang menguji istrinya. Apakah si istri bisa menyimpan rahasia dengan baik atau tidak. Inti dari kisah tersebut adalah seringkali yang justru membocorkan rahasia adalah orang-orang yang terdekat. Jadi inget kisah tentang pengangkatan menteri jaman Pak Harto. Rumornya sih salah satu menteri ditelepon si Bapak sebelum hari pengumuman nama-nama menteri. Bapak wanti-wanti jangan sampai berita ini bocor sebelum pengumuman resmi. Eh, malam sebelum pengumuman, ibu calon menteri tersebut menelpon Pak Harto mengucapkan terima kasih karena putranya akan diangkat jadi menteri. Apa yang terjadi kemudian? Nama calon menteri tersebut batal menjadi menteri karena dianggap tidak bisa menjaga rahasia yang sudah diamanahkan. Well, terlepas benar atau tidaknya rumor itu, tapi kita bisa mengambil hikmahnya buka?

Jika ada kekurangannya, hmm...kok saya gak gitu suka dengan cover buku ini ya. Gak tahu kenapa. Kesannya manusia karya arti diidentikkan dengan pengusaha sukses ya. Yeah, berdasi, berjas, duduk di meja kerja. Dan kurang eye-catching juga. Akan tetapi hal ini tidak mengurangi isi dari buku tersebut. Kalau ingin mendapat motivasi tentang hidup dengan gaya full humor, silakan lo ya membaca buku ini ^_^
2 komentar on "Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti"
  1. Terima kasih atas resensinya jeng
    Sayapun kurang sreg dengan covernya. Tapi karena baru mbuat buku jadi saya kurang crewet kepada penerbitnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Bagus mbak, jujur mereview-nya, beserta kekurangannya .. iya benar .. covernya kurang sreg tampilannya. SUkses buat Pakdhe .. mudah2an makin produktif.

    BalasHapus