Macaroon Love - Cinta Berjuta Rasa

Jumat, 02 Agustus 2013

Judul Buku : Macaroon Love – Cinta Berjuta Rasa
Penulis : Winda Krisnadefa
Penyunting : Rini Nurul Badariah
Halaman : 264 halaman
ISBN : 978-602-9225-83-9
Penerbit : Qanita

Magali dengan semua keanehannya adalah hal pertama yang terlintas dipikiran saya setelah selesai membaca novel Macaroon Love ini. Bagaimana tidak aneh. Mulai dari namanya, Magali, bukanlah nama yang lazim bagi seorang gadis, bahkan untuk digunakan sebagai nama tokoh dalam novel sekali pun. Kemudian dari selera makannya yang tak biasa. Walaupun di dalam novel hanya dicontohkan bagaimana Magali suka mencocol kentang goreng pada es krim, itu sudah cukup membuat para pembaca tahu akan keunikannya itu. Masih diperkuat dengan cerita tentang latar belakang keluarganya yang tidak lazim. Lengkaplah sudah.

Dari awal, sosok Magali memang sudah menarik perhatian dengan semua ketidaklaziman dalam dirinya. Bahwa dia begitu membenci namanya, memanggil ayahnya hanya dengan menyebut nama, dan sikapnya yang apatis terhadap segala hal.

Karakter yang ditampilkan pada tokoh Magali, bisa dikatakan sebagai cerminan anak muda jaman sekarang. Yang selalu galau dalam segala hal. Merasa cukup berpuas diri dengan apa yang diraih saat ini, padahal dia bisa mendapatkan hal yang lebih baik jika dia mau berusaha.

Saya memberikan tiga bintang dari lima bintang untuk novel Macaroon Love ini. Kelebihan dari novel ini, antara lain:

Satu, Cerita yang simple dan menggunakan bahasa yang sederhana pula. Walau pun di beberapa bagian ada percakapan antara Magali dan Beau, sepupunya, yang memakai bahasa Inggris. Tetap saja cerita ini mengalir dengan apik.

Dua, Penokohan yang menarik. Para tokoh dalam novel ini sungguh menarik hati. Mulai dari Magali, Beau yang tampan tapi kolokan, Nene, si nenek yang nyentrik, Jodhi yang gaul dan berusaha menjadi ayah yang baik bagi Magali. Dan tentu saja, Ammar, si perfect guy. Semua tokoh diceritakan dengan semua kelebihan dan kekurangan layaknya manusia.

Tiga, Dunia kuliner yang diceritakan dalam novel ini, membuat orang yang membaca jadi bertanya-tanya, apa benar ada chef yang bernama ini, bekerja di sini, dan spesialisasinya di situ. Membuat saya langsung searching di google deh. Jadi tambah pengetahuan tentang kuliner dan pernak-perniknya. Hal ini menunjukan kalau si pengarang melakukan riset yang cukup mendalam untuk memperkuat cerita.

Sedangkan kekurangan pada novel ini menurut opini saya:

Satu, Konflik yang ditampilkan terlalu datar. Hanya pada konflik pada si tokoh utama, Magali. Bagaimana dia membenci namanya, mengapa ibunya meninggal dan hal-hal lain terkait dirinya. Cerita akan lebih sedap jika menampilkan konflik yang juga melibatkan tokoh lain. Seumpamanya, Magali yang didesak untuk segera menikah oleh neneknya. Karena bagaimana pun juga, konflik adalah ruh dari cerita di novel. Karena dalam dunia nyata pun, kita pasti bersinggungan dengan kepentingan orang-orang di sekitar kita, bukan?

Dua, Tokoh Ammar yang ditampilkan memang menarik, tetapi apakah tidak terlalu kebetulan jika tokoh ini tiba-tiba datang begitu saja. Apalagi masih ditambah dengan sosoknya yang sempurna. Latar belakangnya juga tidak jelas. Seakan-akan si Ammar ini memang dimunculkan sebagai malaikat penolong bagi Magali. Walau pun ini hanya fiksi, menurut saya harus ada alasan yang logis untuk semua hal.

Tiga, penekanan sosok Magali yang aneh sebenarnya sudah dapat banget dengan semua kebiasaannya yang tidak lazim. Penggambaran wajah yang tak biasa tapi menarik. Saya pikir tidak perlu lagi ditambah-tambah dengan kata aneh . Aneh itu kesan yang ditampilkan konotasi. Seandainya aneh diganti dengan kata lain, semisal unik pada beberapa bagian. Saya kira cerita yang ditangkap akan lebih manis.


Secara keseluruhan, novel Macaroon Love ini cocok banget dibaca sebagai pengisi waktu. Cerita yang lucu, ide yang segar bisa memantik syaraf kita untuk rileks sejenak. Menikmatinya sambil minum kopi, pasti asyik banget.
2 komentar on "Macaroon Love - Cinta Berjuta Rasa"
  1. Suka sama resensinya. Lengkap mbak, tapi tetap bikin penasaran :)
    Moga sukses yaa

    BalasHapus
  2. wah ada ratingnya segala.. kayak goodreads ya.. keren blognya :)
    resensinya jg oke nih :)

    BalasHapus